Login

Lost your password?
Don't have an account? Sign Up

Jasa Instalasi Radius Server untuk Management User Hotspot

RADIUS (Remote Authentication Dial-In User Service) adalah sebuah protokol keamanan komputer yang digunakan untuk melakukan autentikasi, otorisasi, dan pendaftaran akun pengguna secara terpusat untuk mengakses jaringan. Radius diterapkan dalam jaringan dengan model client-server.

Server Radius menyediakan mekanisme keamanan dengan menangani otentikasi dan otorisasi koneksi yang dilakukan user. Pada saat komputer client akan menghubungkan diri dengan jaringan maka server Radius akan meminta identitas user (username dan password) untuk kemudian dicocokkan dengan data yang ada dalam database server Radius untuk kemudian ditentukan apakah user diijinkan untuk menggunakan layanan dalam jaringan komputer.

Jika proses otentikasi dan otorisasi berhasil maka proses pelaporan dilakukan, yakni dengan mencatat semua aktifitas koneksi user, menghitung durasi waktu dan jumlah transfer data dilakukan oleh user. Proses pelaporan yang dilakukan server Radius bisa dalam bentuk waktu (detik, menit, jam, dll) maupun dalam bentuk besar transfer data (Byte, KByte, Mbyte) (Anonim-B, 2006).

Radius server biasanya di implementasikan pada OS Linux atau Windows NT, Free Radius salah satu yang populer untuk OS linux..

Cara Kerja RADIUS Server

RADIUS Remote Authentication Dial-In User Service, merupakan suatu metode standar protokol yang mengatur komunikasi antara NAS Network Access Server dengan AAA server. Ketika NAS menerima permintaan koneksi dari user, NAS akan mengirimkan informasi yang diperolehnya dari user ke server RADIUS. Server RADIUS akan mencari dan mencocokkan informasi mengenai user tersebut pada database-nya, baik internal, eksternal, maupun server RADIUS lain. Jika terdapat informasi yang cocok, server RADIUS akan mengizinkan user tersebut untuk digunakan. Jika tidak, maka user tersebut akan ditolak. Berdasarkan informasi ini, NAS memutuskan untuk melanjutkan atau memutuskan koneksi dengan user. Selanjutnya, NAS mengirimkan data ke server RADIUS untuk mencatat semua kegiatan yang dilakukan user dalam jaringan.

 

Manfaat RADIUS Server

  • Setiap sesi pengguna individu dienkripsi secara unik, yang mencegah pengguna lain memperoleh informasi pribadi. Ini berbeda dari jaringan WPA/PSK, di mana setiap pengguna berbagi kunci enkripsi yang sama.
  • Pengguna atau perangkat tertentu dapat dengan mudah di-deautorisasi oleh RADIUS Server dengan menonaktifkan kunci enkripsi unik yang sesuai.
  • Network Permission, seperti kebijakan firewall, penjadwalan, dapat ditetapkan dalam profil pengguna tertentu, berdasarkan identitas pengguna.

Jasa Layanan Instalasi Radius Server Padang

Call & Whatsapp support

chat admin solusinetwork

qr code solusi network

 

https://solusinetwork.com/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*