Login

Lost your password?
Don't have an account? Sign Up
jasa pemasangan wifi

Penyebab Kenapa WiFi Lemot dan Cara Atasinya

Bagi pengguna WiFi aktif tersebut, terkadang Anda akan mengalami penundaan Internet WiFi, bukan? Atau meski sinyalnya penuh, pengalaman WiFi Anda di Android masih sangat lambat? Nah, jika Anda termasuk orang yang pernah mengalami hal tersebut, mohon jangan langsung menyalahkan providernya ya! Alasannya adalah mungkin ada masalah dengan router WiFi Anda.

Namun, penyedia layanan WiFi juga mungkin mengalami masalah. Jadi, bagaimana Anda menangani WiFi yang lambat? Tentunya sebelum berurusan dengan WiFi, Anda harus mengetahui alasan kenapa WiFi lambat. Oleh karena itu, kali ini Solusi Network akan mengulas 10 alasan mengapa WiFi lambat.

Kami tidak hanya akan menjelaskan alasan WiFi lemot, tetapi juga memberikan solusi terbaik untuk mengatasinya. ingin tahu? Baca artikel ini sekarang sampai akhir, dan langsung simak sepuluh alasan kenapa WiFi lambat.

1. Belum Mengaktifkan WiFi

Sebelum mengotak-atik router WiFi, yang terbaik adalah mencoba memeriksa perangkat terlebih dahulu. Sebab, mungkin saja ponsel atau laptop Anda belum mengaktifkan jaringan WiFi.

Oleh karena itu, Anda mungkin lupa mengaktifkan jaringan WiFi di perangkat Anda. Jadi, inilah mengapa Anda ingin memeriksa atau mengecek perangkat yang menggunakan WiFi. Apakah koneksi WiFi diaktifkan. Jika belum, segera aktifkan WiFi. Cara mengaktifkan WiFi di ponsel dan laptop berbeda. Jika Anda tidak dapat menemukan fungsi WiFi di perangkat Anda, Anda dapat langsung membuka pengaturan. Biasanya pada laptop atau ponsel, menu pengaturan menyertakan pengaturan yang ada di perangkat, termasuk pengaturan jaringan WiFi.

2. Koneksi Internet Bermasalah

Saya sudah mengaktifkan jaringan WiFi, tetapi masih lambat, atau bahkan tidak ada koneksi internet? Coba periksa kecepatan internet. bagaimana itu? Caranya sangat sederhana, Anda bisa menghubungkan kabel Ethernet ke laptop / PC. Cobalah untuk online dengan kabel Ethernet dan periksa kecepatan internet Anda secara online.

Oleh karena itu, jika kecepatan masih normal dan normal, Anda mungkin telah salah menempatkan router WiFi. Namun, jika Anda masih tidak dapat terhubung ke Internet, penyedia WiFi mungkin bermasalah. Jika provider mengalami masalah, segera hubungi provider!

3. Kabel LAN yang Terputus

Masih bingung internet lemot sehingga tidak ada koneksi internet? Kemudian coba periksa kabel LAN di router WiFi. Anda mungkin telah menghubungkan kabel LAN yang salah, atau Anda belum menghubungkan kabel WiFi LAN.

Namun, jika Anda tidak tahu bagaimana menghubungkan kabel LAN, Anda harus segera menghubungi penyedia untuk mendapatkan bantuan. Jangan membuat router WiFi Anda tidak dapat beroperasi atau rusak, karena Anda tidak mengerti cara menghubungkan kabel LAN.

4. Meletakkan Router WiFi di Lantai

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika koneksi internet lancar saat menghubungkan dengan kabel Ethernet, Anda mungkin telah menempatkan router WiFi di tempat yang salah. Ya, salah satu lokasi yang salah dari router WiFi ada di lantai. Mengapa? Router WiFi sama dengan antena pada TV.

Jika diletakkan di posisi bawah, sinyal yang diterima tidak akan maksimal. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk tidak meletakkan router WiFi di lantai.

Pasalnya, hal ini akan menyulitkan router WiFi untuk mendapatkan sinyal. Coba letakkan router WiFi di tempat yang tinggi. Misalnya, Anda bisa meletakkannya di atas meja atau lemari.

5. Meletakkan Router WiFi Terlalu Jauh

Router WiFi memiliki kisaran kapasitas tertentu. Nah, jika Anda meletakkan router WiFi terlalu jauh, mungkin akan sulit untuk online. Karena itu, sebaiknya letakkan router WiFi di lokasi penting.

Kuncinya adalah kami merekomendasikan untuk menempatkan router WiFi di ruangan yang sering Anda tinggali. Misalnya, jika Anda lebih suka berselancar di dalam kamar, Anda dapat menempatkan router di kamar Anda atau kamar yang dekat dengan Anda. Jangan lupa untuk meletakkan router WiFi di bagian atas. Jangan letakkan di tempat rendah seperti lantai. Ya, letakkan router di atas meja atau kabinet!

6. Router Berada di Ruangan Tertutup

Ya, disarankan untuk meletakkan router WiFi di kamar. Namun, baik ruangannya tertutup atau tidak, Anda harus memperhatikan luas ruangan Anda. Jika ruangan di kamar Anda terlalu tertutup dan terlalu gelap, sebenarnya akan memblokir sinyal internet.

Memang jika Anda berada di ruangan tertutup dengan router WiFi, sinyal internet akan sangat kencang. Namun, saat Anda meninggalkan ruangan tertutup, sinyal Internet akan sangat lambat. Oleh karena itu, pilihlah ruangan yang dekat dengan Anda tetapi tetap terbuka, di mana router dapat terlihat dari sisi mana pun.

7. Meletakkan Router di Dekat Jendela

Alasan lain WiFi lambat adalah lokasi router WiFi. Anda tidak disarankan untuk meletakkan router WiFi di dekat jendela. Jika Anda meletakkan perute di dekat jendela, kecepatan Internet dapat lambat.

Mengapa? Karena WiFi akan mengirim sinyal ke luar jendela, ini berarti sinyal Internet akan dibagikan. Oleh karena itu, mohon jangan letakkan router WiFi di dekat jendela, agar tidak berbagi sinyal dengan ruang di luar jendela.

8. Router Berdekatan dengan Barang Elektronik Lainnya

Jika router WiFi ditempatkan di dekat perangkat elektronik lain, ini mungkin salah satu alasan WiFi lambat. Ini karena produk elektronik lainnya menghasilkan gelombang elektromagnetik, yang dapat mengganggu sinyal Internet.

Oleh karena itu, sebaiknya letakkan router WiFi jauh dari barang elektronik lainnya. Jauhkan router dari TV, oven microwave, ponsel, atau perangkat elektronik lainnya agar sinyal WiFi berfungsi dengan baik.

9. Terlalu Banyak Pengguna

Selama Anda masih dalam jangkauan router, siapa pun dapat menggunakan WiFi. Harap tidak menutup kemungkinan bahwa alasan lambatnya WiFi adalah terlalu banyaknya pengguna yang menggunakan WiFi.

Ini terutama benar jika Anda menggunakan WiFi di tempat umum. Ya, jika terlalu banyak orang yang menggunakan WiFi pada saat bersamaan, Anda mungkin akan kesulitan untuk berselancar dengan lancar. Oleh karena itu, harap pastikan bahwa tidak terlalu banyak pengguna WiFi.

Misalnya, Anda menggunakan WiFi di dua ponsel dan laptop, belum lagi teman atau tetangga yang menggunakan WiFi. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengatur kata sandi di jaringan WiFi. Oleh karena itu, tidak hanya semua orang yang dapat menggunakan fasilitas WiFi Anda. Namun, jika menggunakan WiFi umum, Anda harus bersabar.

10. Mendownload dengan Kapasitas yang Besar

Lalu, alasan WiFi lambat adalah karena Anda mungkin telah mengunduh dengan kapasitas yang besar. Sangat menyenangkan untuk mendownload film, game, lagu atau mendownload hal lain menggunakan WiFi.

Namun, saat mengunduh volume besar, Anda harus memahami risikonya. Apa resikonya? Saat Anda sibuk mengunduh dan ingin menjelajahi Internet, Anda mungkin menerima sinyal lambat untuk menjelajahi Internet. Mengapa? Karena WiFi akan mendistribusikan sinyal Internet untuk menyelesaikan unduhan Anda.

Karena itu, jika Anda ingin menjelajah dengan lancar menggunakan WiFi, sebaiknya tunda unduhan. Anda dapat mendownloadnya saat Anda tidak ingin online.

https://solusinetwork.com/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*