Tips Mempercepat Koneksi Internet Handphone Dengan Mudah

Pengguna perangkat Android memang membutuhkan kecepatan internet agar browsing bisa berjalan lancar, dan game bisa dimainkan dengan lancar. Bahkan menurut informasi, Indonesia menempati urutan kedelapan di antara negara dengan koneksi internet yang lambat. Tidak hanya dipengaruhi oleh operator penyedia jaringan internet, kecepatan akses internet di ponsel Android biasanya juga disebabkan oleh faktor lain.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Memakai Ad-Blocker
Salah satu faktor yang menyebabkan kecepatan internet di perangkat Android melambat adalah karena tidak memblokir iklan. Jika ini terjadi, Anda dapat menggunakan pemblokir iklan (seperti UC Browser atau Opera Browser) untuk memblokir iklan di browser Anda.

Menggunakan Jaringan 4G Only atau 3G Only
Jika perangkat android Anda mendukung jaringan 4G dan 3G, Anda dapat menggunakan dua opsi jaringan ini untuk menyesuaikan kecepatan Internet. Supaya bisa mengaktifkan jaringan internet 4G atau 3G caranya sangat simpel, pilih menu setting, lalu pilih More, lalu pilih jaringan seluler, lalu pilih mode jaringan, lalu pilih hanya 4G atau jaringan 3G saja sesuai kebutuhan.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Pengoptimal Kecepatan 3G atau 3G, yang dapat meningkatkan kecepatan akses Internet hingga 200%. Karena aplikasi ini dapat bekerja dengan memberikan penyesuaian khusus, maka secara fleksibel dapat memilih dan menyesuaikan kecepatan akses Internet sesuai kebutuhan. Untuk menggunakan aplikasi ini, smartphone Anda harus di-root terlebih dahulu.

Cara Mempercepat Akses Internet Dengan Menghapus Cache
Jika Anda tidak memeriksa, aplikasi yang di-cache dapat membebani kinerja perangkat ponsel pintar. Selain kinerja, jika cache menumpuk, ini juga dapat membuat proses layanan data Internet Anda menjadi berat. Untuk mempercepat koneksi internet di perangkat smartphone Anda, Anda harus membersihkan cache secara teratur. Anda dapat menggunakan bantuan Clean Master atau One Tap Cache Cleaner. Selain itu, Anda dapat dengan mudah mengosongkan cache pada menu pengaturan, lalu pilih Penyimpanan dan Cache, lalu pilih opsi Hapus Cache.

Gunakan VPN
Ada berbagai aplikasi VPN di Play Store, Anda hanya perlu memilih yang memiliki skor lebih tinggi. Selain untuk mempercepat akses internet, penggunaan aplikasi VPN juga dapat digunakan untuk membuka jaringan yang diblokir oleh pemerintah. Pastikan untuk menghubungkan alamat IP di lokasi / negara / wilayah yang sesuai.

Nonaktifkan Tethering
Penambatan adalah aktivitas berguna yang menjadikan perangkat ponsel pintar sebagai hot spot. Singkatnya, Anda dapat mengubah perangkat Android Anda menjadi perangkat Wifi portabel dan kemudian berbagi koneksi dengan perangkat lain. Namun karena jaringan internet harus terbagi, Anda harus siap membagi bandwidth dengan perangkat lain. Untuk mempercepat jaringan internet Wifi, Anda harus menonaktifkan fungsi tethering agar jaringan internet selalu fokus ke ponsel Anda.